Research Repository

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH SUMATERA UTARA DALAM MENGAWASI PELANGGARAN IKLAN PILKADA 2024

Show simple item record

dc.contributor.author CITRA ELMALIA, SHANDRA
dc.date.accessioned 2025-06-24T12:20:57Z
dc.date.available 2025-06-24T12:20:57Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28003
dc.description.abstract Pilkada sebagai salah bentuk proses demokrasi langsung di Indonesia yang membutuhkan berbagai saluran untuk menyampaikan informasi pesan-pesan politik kepada masyarakat melalui media penyiaran, seperti televisi dan radio. Iklan Pilkada memiliki peran penting dalam mempengaruhi pandangan pemilih dan mengarahkan dukungan politik, namun sering kali iklan-iklan politik melanggar aturan yang telah ditetapkan, seperti menyebarkan informasi yang tidak benar, mengandung ujaran kebencian, atau tidak memenuhi standar etika dan aturan yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara dalam mengawasi pelanggaran iklan Pilkada 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif kualitatif oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara dalam mengawasi pelanggaran iklan Pilkada 2024 terbukti efektif. Pendekatan berbasis regulasi yang dikombinasikan dengan komunikasi verbal dan nonverbal mampu mendorong Lembaga Penyiaran untuk lebih patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan, dan melalui koordinasi dengan berbagai pihak pemantauan intensif, serta penerapan regulasi yang tegas KPID Sumatera Utara berhasil memastikan bahwa Lembaga Penyiaran mematuhi aturan kampanye yang telah ditetapkan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Komunikasi Persuasif en_US
dc.subject Iklan Pilkada en_US
dc.title EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH SUMATERA UTARA DALAM MENGAWASI PELANGGARAN IKLAN PILKADA 2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account