Abstract:
Pendidikan tidak hanya membuat orang menjadi cerdas, dan berilmu, tetapi juga
membangun akhlak seseorang menjadi yang baik dalam aktivitas sehari-hari.
Gagasan Pendidikan karakter muncul sebagai salah satu untuk meningkatkan
kualitas Pendidikan di Indonesia. Teori ini muncul sebagai akibat dari fakta bahwa
proses Pendidikan di Indonesia belum seutuhnya berkembang membangun karakter
manusia. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif, yang lebih
menekankan analisis pada proses penyimpulan induktif. Pendekatan yang
digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif, keadaan yang diuraikan
dalam penelitian ini adalah “Analisis Pembentukan Karakter Melalui Program
Sholat Dhuha Di MTSs Aisyiyah Sumatera Utara” Hasil penelitian diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara digunakan
untuk memperoleh informasi dari responden yaitu para siswa dan guru guru
Pendidikan Agama Islam. Peneliti Menyimpulkan pembiasaan sholat dhuha
Sebagai salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan, sholat Dhuha tidak hanya
menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga menjadi bagian dari
pendidikan karakter yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan
sholat Dhuha di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk
karakter siswa yang religius, disiplin, dan berakhlak mulia.