Abstract:
Penelitian pada judul “Peranan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan
Pengetahuan Tentang Studi Lanjut Dengan Menggunakan Media Kartu Nama
Program Studi dan Prospek Karirnya Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta PAB 8
Saentis“ merupakan penelitian yang menggunakan Pendekatan Kuantitatif.
Menurut Sugiyono (2013), penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai
metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Berdasarkan
hasil pemberian perlakuan, menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan
tentang studi lanjut siswa kelas XI MIA 2 SMA Swasta PAB 8 Saentis sebelum
dan sesudah diberikan treatment melalui layanan informasi menggunakan
media kartu nama program studi dan prospek karirnya. Hasil uji Wilcoxon
Signed-Rank Test menunjukkan perubahan yaitu pada nilai Asymp. Sig.(2
tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat peran yang signifikan dalam layanan
informasi dan media kartu nama program studi dan prospek karir terhadap
pengetahuan tentang studi lanjut pada siswa kelas XI SMA Swasta PAB 8
Saentis Tahun Ajaran 2024/2025.