Abstract:
Sumatera Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 1
Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi dengan menerapkan model
pembelajaran Problem Based Learning di SMK Tritech Informatika Tahun
Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitan ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Agustus
2023 di SMK Tritech Informatika. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa
kelas X-AK 1 SMK Informatika yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen
penelitian yag dilakukan meliputi hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini merupakan
proses pembelajaran akuntansi menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada materi jurnal umum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra
tindakan, siklus I dan siklus II. Presentase ketuntasan siswa dari pra tindakan yaitu
sebesar 40%, kemudian meningkat di siklus I menjadi 60%, dan mengalami
peningkatann kembali pada siklus II menjadi 85%. Dengan ini peningkatan
ketuntasan belajar siswa dari pra tibndakan ke siklus I mengalami peningkatan
sebesar 20%, kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 25%. Dengan ini dapat dinyatakan siswa telah mencapakai
kriteria indikator keberhasilan yaitu sebesr dari 75% jumlah siswa.