Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui implementasi kurikulum
Merdeka melalui BPI di SMPIT Al-Munadi Marelan. Penelitian ini dibuat
berdasarkan pengamatan awal peneliti yang mana masih banyak siswa yang
kurang peduli dan kurang rasa tanggung jawab, etika yang belum sesuai dengan
akhlak yang baik serta adab peserta didik yang jauh dari nilai-nilai budaya islam.
Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi langsung ke Lokasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tekhnik
analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian penelitian ini
menggunakan keabsahan data berupa Kepercayaan, Keterlibatan dan kepastian.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan maka dapat
disimpulkan bahwa ecara keseluruhan integrasi Bina Pribadi Islam dalam
Kurikulum Merdeka di SMPIT Al Munadi Marelan terbukti efektif dalam
membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.