Research Repository

EDUKASI BERBASIS STORY TELLING PENGGUNAAN QRIS MELALUI IKLAN “EPISODE 1: KRIS DAN IPAY” DI AKUN INSTAGRAM @BANK_INDONESIA_SUMUT

Show simple item record

dc.contributor.author ANDINY, DEA PUTRI
dc.date.accessioned 2025-06-23T08:31:41Z
dc.date.available 2025-06-23T08:31:41Z
dc.date.issued 2025-04-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27916
dc.description.abstract Perkembangan teknologi digital telahh membawa perubahan signifikan dalam cara masyarakat melakukan transaksi keuangan, termasuk melalui penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standart) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019. Literasi keuangan masyarakat terkait QRIS masih perlu ditingkatkan agar teknologi ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana edukasi berbasis storytelling dalam iklan “Episode 1: Kris dan Ipay” di akun Instagram @bank_indonesia_sumut digunakan untuk menyampaikan informasi tentang penggunaan QRIS secara efektif dan bagaimana elemen-elemen Storyteling yang terkandung dalam iklan tersebut berkontribusi pada penyampaian pesan edukatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk menganalisis elemen naratif dan visual dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan storytelling yang digunakan dalam iklan berhasil menyampaikan pesan edukatif secara menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, melalui narasi yang melibatkan dua sahabat, Kris dan Ipay, yang melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan QRIS. Storytelling menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap QRIS, sekaligus mendorong adaptasi terhadap sistem pembayaan digital. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Edukasi en_US
dc.subject Iklan en_US
dc.title EDUKASI BERBASIS STORY TELLING PENGGUNAAN QRIS MELALUI IKLAN “EPISODE 1: KRIS DAN IPAY” DI AKUN INSTAGRAM @BANK_INDONESIA_SUMUT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account