Research Repository

PENDEKATAN KOMUNIKASI GURU KEPADA SISWA TUNANETRA MAJEMUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN DWITUNA HARAPAN BARU

Show simple item record

dc.contributor.author DILA, WARDANI
dc.date.accessioned 2025-06-23T08:23:07Z
dc.date.available 2025-06-23T08:23:07Z
dc.date.issued 2025-03-24
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27913
dc.description.abstract Permasalahan yang dihadapi oleh guru terhadap siswa tunanetra majemuk adalah hambatan dalam berkomunikasi sehingga seringkali menghambat proses pembelajaran. penelitian yang berjudul pendekatan Komunikasi Guru Kepada Siswa Tunanetra Majemuk Dalam Proses Pembelajaran Di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru bertujuan untuk memberikan dan menggambarkan secara konkrit bagaimana pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh guru kepada siswa tunanetra majemuk dalam proses pembelajaran di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru. Tunanetra majemuk adalah kondisi individu yang mengalami gangguan penglihatan (tunanetra) bersamaan dengan disabilitas lain, seperti gangguan pendengaran, gangguan intelektual, gangguan motorik, atau kombinasi dari beberapa kondisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi setiap siswa. seperti sentuhan, alat bantu komunikasi, serta aktivitas rutin yang membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran. proses dalam pendekatan komunikasi guru pada anak tunanetra majemuk terdiri dari 5 pendekatan yaitu: keterbukaan, empati, dukungan, suasana belajar yang positif, dan kesetaraan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Tunanetra Majemuk en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PENDEKATAN KOMUNIKASI GURU KEPADA SISWA TUNANETRA MAJEMUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN DWITUNA HARAPAN BARU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account