Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan metode
modelling the way dalam pembelajaran fikih pada materi thaharah dan shalat di
kelas VII MTs PAB 1 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek
penelitiannya adalah implementasi strategi modelling the way dalam pembelajaran
fikih pada materi thaharah dan shalat, sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu
guru fikih dan peserta didik kelas VII MTs PAB 1 Helvetia. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi, Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi
penggunaan metode modelling the way dimulai dengan siswa mengamati materi
yang disampaikan guru dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengeksplorasi materi dengan
mempraktekannya. Setelah itu guru memberikan umpan balik dan menutup
pelajaran dengan saran dan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian ini didukung
beberap faktor, yakni: minat siswa yang cukup antusias saat belajar, sarana dan
prasarana yang mendukung seperti adanya musholah yang cukup luas beserta
tempat wudhunya dan cukupnya alokasi waktu pembelajaran untuk menerapkan
metode ini, yakni 2 x 40 menit per pertemuannya. Penerapan metode modelling
the way cukup efektif, terlihat dari beberapa aspek, antara lain: penggorganisasian
materi yang baik sehingga mudah dipahami siswa, komunikasi materi yang efektif
antara siswa sebagai model dengan seluruh siswa sehingga materi lebih mudah
dikuasai, timbulnya sikap positif pada siswa, pemberian nilai yang dilakukan
secara objektif dan transparan, pendekatan materi pembelajaran yang baik dan
hasil belajar siswa yang baik dimana siswa mampu mempraktekan materi dengan
baik dan nantinya akan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.