Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya
kemampuan bernalar kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan bernalar kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan layanan
bimbingan klasikal menggunakan teknik brainstorming dan untuk mengetahui
efektivitas layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik brainstorming untuk
meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa. Adapun jenis penelitian ini
adalah Pre-Eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling dengan rumus Slovin, diperoleh 25 orang sampel. Instrument penelitian
yang digunakan adalah angket kemampuan bernalar kritis siswa. Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample t-test. Hasil Penelitian
yang diperoleh adalah 1) kemampuan bernalar kritis siswa sebelum mendapatkan
layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik brainstorming memperoleh nilai
rata-rata sebesar 70,15 yang berada dalam kategori baik, 2) kemampuan bernalar
kritis siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik
brainstorming memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,35 yang berada dalam
kategori sangat baik, 3) layanan bimbingan klasikal dengan teknik brainstorming
melalui uji t memperoleh signifikan sebesar 0,000 < 0,05, artinya layanan
bimbingan klasikal dengan teknik brainstorming terbukti efektif untuk
meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa di kelas X SMA Asuhan Daya
Medan Tahun Ajaran 2023/2024.