| dc.description.abstract | 
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh akses keuangan terhadap 
keberlanjutan  UMKM halal di Kecamatan Medan Timur, (2) untuk mengetahui 
pengaruh strategi pemasaran terhadap keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan 
Medan Timur, (3) untuk mengetahui pengaruh kepatuhan halal terhadap 
keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan Medan Timur, (4) Untuk menganalisis 
pengaruh secara simultan simultan akses keuangan, strategi pemasaran dan 
kepatuhan halal terhadap  keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan Medan Timur. 
Lokasi penelitian  ini dilaksanakan di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, 
Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan bantuan 
software SPSS 25. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden 
sebanyak  88 menunjukkan bahwa akses keuangan tidak memiliki pengaruh dan 
tidak signifikan terhadap keberlanjutan UMKM sebesar 1,1 %. Strategi pemasaran 
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM sebesar 54,2 %. 
Dan kepatuhan halal memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan 
UMKM sebesar 37,5%. Sedangkan secara simultan akses keuangan, strategi 
pemasaran, dan kepatuhan halal berpengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan 
UMKM sebesar 79,5 % sedangkan sisanya sebesar 20,5 % dijelaskan oleh  variabel 
lain yang tidak  digunakan  dalam penelitian  ini. | 
en_US |