Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh akses keuangan terhadap
keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan Medan Timur, (2) untuk mengetahui
pengaruh strategi pemasaran terhadap keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan
Medan Timur, (3) untuk mengetahui pengaruh kepatuhan halal terhadap
keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan Medan Timur, (4) Untuk menganalisis
pengaruh secara simultan simultan akses keuangan, strategi pemasaran dan
kepatuhan halal terhadap keberlanjutan UMKM halal di Kecamatan Medan Timur.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan,
Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan bantuan
software SPSS 25. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden
sebanyak 88 menunjukkan bahwa akses keuangan tidak memiliki pengaruh dan
tidak signifikan terhadap keberlanjutan UMKM sebesar 1,1 %. Strategi pemasaran
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM sebesar 54,2 %.
Dan kepatuhan halal memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan
UMKM sebesar 37,5%. Sedangkan secara simultan akses keuangan, strategi
pemasaran, dan kepatuhan halal berpengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan
UMKM sebesar 79,5 % sedangkan sisanya sebesar 20,5 % dijelaskan oleh variabel
lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.