Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui pola kepemimpinan kepala sekolah, hubungan pola kepemimpinan
kepala sekolah dengan kinerja guru, dan peningkatan kinerja guru MTs Negeri 2
Medan melalui pola kepemimpinan kepala sekolah.. Objek dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar di MTs Negeri 2 Medan.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pola kepemimpinan kepala sekolah
di MTs Negeri 2 Medan adalah melalui pola pengawasan dan pola pembinaan
dengan melakukan kunjungan kelas dengan waktu yang sangat periodik,
kunjungan observasi, bimbingan akademik, dan bimbingan non akademik, serta
pola pembinaan yang dilakukan dengan teknik kelompok seperti pertemuan atau
rapat, diskusi kelompok, dan penataran/pelatihan; 2) Melalui pola kepemimpinan
kepala sekolah yang terdiri dari pola pengawasan dan pola pembinaan, kinerja
guru MTs Negeri 2 Medan dalam pengelolaan kelas telah baik, dimana guru telah
mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat, menggunakan metode yang
menyenangkan bagi siswa, serta mampu mengelola pembelajaran di kelas
seutuhnya, serta guru di MTs Negeri 2 Medan memiliki kemampuan konspetual
yang baik, dimana guru telah mampu menyeimbangkan kondisi sekolah dengan
kemampuanya sendiri untuk mencapai tujuan belajar yang sesungguhnya, serta
memiliki empat kompetensi guru yakni pedagogik, kepribadian, sosial dan
profesional; 3) Pola kepemimpinan kepala sekolah melalui pola pengawasan dan
pembinaan dapat meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri 2 Medan.