Abstract:
Di era digital saat ini, pemasaran berbasis teknologi menjadi strategi utama dalam
industri perjalanan umroh dan haji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
strategi digital marketing yang diterapkan oleh PT. Annajwa Islamic Tour &
Travel dalam menarik minat masyarakat Kota Medan untuk melaksanakan ibadah
umroh dan haji. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Annajwa Islamic Tour & Travel
menggunakan berbagai strategi digital marketing, seperti optimasi SEO (Search
Engine Optimization), iklan berbayar (Pay-Per-Click), pemasaran melalui media
sosial (Instagram, Facebook, TikTok), content marketing, serta email marketing.
Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas perusahaan,
membangun kepercayaan calon jamaah, serta meningkatkan jumlah pendaftar
umroh dan haji. Dalam analisis berdasarkan teori AIDA (Attention, Interest,
Desire, Action), strategi PT. Annajwa berhasil menarik perhatian calon jamaah
melalui konten edukatif dan promosi digital, membangun minat melalui testimoni
pelanggan serta informasi promosi, mendorong keinginan melalui pengalaman
pelanggan yang dipublikasikan, hingga akhirnya memfasilitasi calon jamaah
untuk mengambil tindakan mendaftar.v