Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Profesi Guru
(PPG) terhadap kesiapan mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara (UMSU) dalam menjadi guru profesional. Latar belakang penelitian ini
dilandasi oleh fenomena rendahnya kesiapan sebagian mahasiswa dalam
menjalankan peran sebagai guru, meskipun telah menempuh perkuliahan
kependidikan. Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu program yang
dirancang pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional calon guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa semester VII FKIP UMSU dengan jumlah sampel sebanyak 81
mahasiswa, yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen
yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PPG berpengaruh signifikan
terhadap kesiapan mahasiswa dalam menjadi guru profesional, yang ditunjukkan
melalui indikator tingkat pemahaman, pemanfaatan sumber belajar, proses
pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
bahwa program PPG memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan kesiapan
mahasiswa FKIP UMSU dalam menghadapi tantangan profesional sebagai
seorang guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi
peningkatan mutu pendidikan guru di perguruan tinggi dan menjadi bahan
evaluasi dalam pengembangan program PPG di masa mendatang.