DSpace Repository

PENGARUH INTEGRASI GAME BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI YAYASAN PENDIDIKAN SMP NURUL HASANAH

Show simple item record

dc.contributor.author ISNAINI, HAZIZAH
dc.date.accessioned 2025-06-03T03:18:15Z
dc.date.available 2025-06-03T03:18:15Z
dc.date.issued 2025-02-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27730
dc.description.abstract Pendidikan yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah usaha yang disengaja dan direncanakan untuk menciptakan lingkungan belajar di mana siswa aktif mengembangkan potensi mereka, seperti kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan adalah cara untuk membentuk kemampuan manusia agar dapat menggunakan rasionalitas dengan efektif dan efisien dalam mengatasi masalah yang muncul dalam upaya menciptakan masa depan yang baik. Pendidikan yang bagus akan berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia. Membentuk kepribadian yang positif hal ini dapat di dapatkan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam ini penting untuk membentuk karakter dan moralitas peserta didik. Dalam pendidikan formal, pendidikan Islam diterapkan kepada semua siswa mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Tujuan pendidikan Islam adalah membentuk perilaku yang baik pada siswa dan mencegah atau mengurangi tindakan yang melanggar norma atau melibatkan keburukan. Tantangan yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah bagaimana menyajikan materi dengan cara yang menarik dan inovatif agar dapat merangsang kreativitas peserta didik. Dalam mengikuti teknologi dan tren pembelajaran yang selalu berubah, penting untuk mencari cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Satu cara yang menjanjikan adalah menggunakan pembelajaran berbasis game. Menerapkan Pembelajaran Berbasis Game dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan hasil pembelajaran mereka Dengan menggunakan elemen-elemen permainan seperti tantangan dan hadiah, siswa terlibat aktif dalam belajar, sehingga meningkatkan semangat dan minat mereka pada pelajaran. Metode pembelajaran berbasis game ini memungkinkan siswa belajar melalui pengalaman langsung yang interaktif, yang dapat meningkatkan pemahaman konsep yang diajarkan. Selain itu, Game-Based Learning membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan kerjasama tim. Keterampilan ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan aktivitas yang menantang dan menyenangkan, siswa dapat menggunakan pengetahuan mereka di situasi yang berguna dan mendukung perkembangan intelektual mereka secara menyeluruh en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Game Based Learning en_US
dc.subject Belajar Mengajar en_US
dc.title PENGARUH INTEGRASI GAME BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI YAYASAN PENDIDIKAN SMP NURUL HASANAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account