Abstract:
Media hadir dengan memberikan kemudahan bagi para penggunannya sehingga
menyebabkan media menjadi sesuatu yang tidak dapat dilepaskan. Kebanyakan
orang memanfaatkan media sebagai alat untuk melakukan kegiatan secara tidak
langsung. Salah satu media yang ramai digunakan saat ini adalah media sosial.
Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan saat ini baik secara
personal maupun organisasi. Tujuan utama Instagram khususnya bagi perusahaan
yaitu membangun citra atau reputasi produk atau layanan suatu perusahaan. Salah
satunya yaitu PTPN IV Regional 2 dengan akun Instagram ptpn4_regional2 yang
memanfaatkan Instagram untuk menyampaikan setiap informasi terkait kegiatan
mereka. Hasil penelitian terdahulu yang dilakukan pada akun Instagram PTPN XI
menunjukkan bahwa PTPN XI membuat konten dengan berbagai tujuan seperti
konten yang dibuat sesuai selera pengikut Instagramnya tanpa tahu makna dibalik
konten tersebut dan apa manfaatnya. Sehingga dalam penelitian ini tujuan utamanya
yaitu untuk menganalisis makna dan elemen yang ada pada konten di Instagram
ptpn4_regional2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi, dan mitos dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari sejumlah unggahan konten
dengan makna dan penggunaan elemen tertentu. Hasil yang diperoleh menunjukkan
bahwa konten yang ada pada akun ptpn4_regional2 memiliki visual dan makna
yang menarik. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasi bahwa konten yang ada
pada akun ptpn4_regional2 cukup efektif sebagai upaya pengembangan reputasi
perusahaan.