Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Konsumen pada
Produk Lokal Ayana Kebaya dalam Konteks Era Digital di Kota Medan, serta
mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Ayana Kebaya Medan dalam
memberikan pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa Ayana Kebaya Medan sudah berperan dalam memberikan
pelayanan terbaik kepada konsumen di Kota Medan maupun Luar Kota Medan.
Walaupun yang diberikan Ayana Kebaya Medan bukan pelayanan secara
langsung karena Ayana Kebaya Medan hanya memberikan pelayanan kepada
konsumen melalui platform yang ada di era digital saat ini. Serta kendala yang
dihadapi oleh Ayana Kebaya Medan dalam memberikan pelayanan diantaranya
persaingan yang ketat antara produk sejenis, keterbatasan Sumber Daya Manusia
seperti kurangnya kejujuran dalam menyampaikan kerusakan pada kebaya dan
terlambat dalam proses pengembalian kebaya yang disewa, jangkauan pasar,
perubahan tren mode, masalah keuangan, kualitas dan kepuasaan pelanggan,
proses produksi yang lambat, serta fluktuasi permintaan.