Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kerjasama tim, inovasi layanan,
dan umpan balik pelanggan terhadap efektivitas operasional di objek wisata
Tranding Camp Sikabung-Kabung, Kecamatan Kutalimbaru, serta menguji peran
motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
kuesioner yang disebarkan kepada karyawan dan pengelola objek wisata. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kerjasama tim, inovasi layanan, dan umpan balik
pelanggan secara signifikan berpengaruh terhadap efektivitas operasional. Selain
itu, motivasi kerja terbukti memperkuat hubungan antara variabel-variabel tersebut
dan efektivitas operasional. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi
pengelola objek wisata dalam meningkatkan efektivitas operasional dengan
memperhatikan faktor-faktor internal seperti kerjasama tim dan inovasi layanan,
serta faktor eksternal seperti umpan balik pelanggan, yang didorong oleh motivasi
kerja karyawan.