Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam
meningkatkan inovasi platinum experience sebuah program yang di rancang oleh
PT. Indosat Ooredo untuk para pelanggan setia mereka. Dengan fokus untuk
menyampaikan pesan, serta respon para pelanggan terhadap program dalam
rangka membangun loyalitas dan kepuasan para pelanggan. Penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa strategi komunikasi yang di terapkan oleh PT. Indosat Ooredo melibatkan
penggunaan media sosial iklan berbayar melalui instagram ataupun google dan
youtube untuk menargetkan pengguna pontesial berdasarkan demografi dan minat.
Serta konten media sosial yaitu dengan membuat kampanye kreatif dengan video
pendek dan testimonial pengguna yang menunjukkan keunggulan paket platinum,
dan website resmi yang digunakan adalah myim3 dan juga myindosat. Teori
AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) yang digunakan sebagai
model strategi komunikasi untuk menarik perhatian para calon pelanggan mereka.
Dalam hal ini PT. Indosat Ooredo menciptakan keinginan dengan menawarkan
manfaat eksklusif dari layanan platinum experience, mendorong pengambilan
keputusan melalui pendekatan personalisasi, hingga akhirnya memicu tindakan
berupa pendaftaran atau penggunaan layanan oleh pelanggan.