DSpace Repository

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN MAHYARUDDIN SALIM DAN MUHAMMAD FADLY PADA PILKADA KOTA TANJUNGBALAI TAHUN 2024

Show simple item record

dc.contributor.author PANJAITAN, PUJA ANNISA
dc.date.accessioned 2025-05-27T07:49:35Z
dc.date.available 2025-05-27T07:49:35Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27538
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh pasangan Mahyaruddin Salim dan Muhammad Fadly pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Tanjungbalai Tahun 2024. Dengan pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan fokus utama dalam penelitian ini adalah dengan menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan oleh pasangan Mahyaruddin Salim dan Muhammad Fadly pada proses kampanye, yang didasari dengan teori Thomas L. Harris, yang mencakup tiga aspek: Push Political Marketing, Pass Political Marketing dan Pull Political Marketing. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan para informan yang merupakan pasangan calon dan ketua tim pemenangan. Strategi ini diterapkan guna mencapai hasil yang maksimal. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pasangan Mahyaruddin Salim dan Muhammad Fadly berhasil mengkombinasikan strategi komunikasi politik yang efektif. Mereka memanfaatkan pendekatan yang bersifat personal, digital dan juga berbasis sebuah komunitas untuk menjangkau pemilih. Kampanye yang digunakan dengan media sosial, pertemuan langsung dan keterlibatan tokoh masyarakat serta organisasi lokal. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah misinformasi dan kampanye hitam, mereka mengatasi dengan menerapkan komunikasi yang transparan serta penyebaran informasi dari berbagai saluran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya keberhasilan strategi komunikasi politik dalam Pilkada Kota Tanjungbalai 2024 menunjukkan pemanfaatan yang beragam teknik komunikasi yang sesuai dengan karakteristik pemilih yang dapat menjadi acuan bagi studi komunikasi politik dan strategi kampanye di masa mendatang. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Komunikasi Politik en_US
dc.subject Strategi Kampanye en_US
dc.subject Pilkada en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN MAHYARUDDIN SALIM DAN MUHAMMAD FADLY PADA PILKADA KOTA TANJUNGBALAI TAHUN 2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account