Abstract:
Tujuan penelitian ini antara lain : Untuk mengetahui bagaimana strategi
pemasaran tempe CV. Bina Usaha, untuk mengetahui apa saja kendala dan
hambatan yang dihadapi oleh pelaku usaha tempe CV. Bina Usaha, dan untuk
mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap strategi rumah tangga CV.
Bina Usaha. Dalam penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran di CV. Bina
Usaha. Penelitian ini dilakukan di CV. Bina Usaha Rantau Laban. Jenis metode
penelitian adalah penelitian kualitatif.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, sumber data
diperoleh dengan menggunakan data primer dan sekunder dimana data primer
didapatkan dari penerimaan dan data sekunder didapatkan dari gambar yang
diambil pada saat penelitian. Metode-metode ini memusatkan pada bagaimana
strategi pemasaran dan kepuasan konsumen pada Usaha CV. Bina Usaha yang ada
pada saat penelitian dilakukan atau bersifat aktual, kemudian menggambarkan
fakta-fakta tentang masalah yang diteliti sebagaimana adanya dan diiringi dengan
rasional yang akurat.
Hasil dari penelitian ini seperti faktor internal salah satunya terdiri dari
kekuatan yaitu memiliki varian dan produksi setiap hari. Faktor eksternal salah
satunya terdiri dari peluang seperti memiliki nama produk sendiri dan pesaing
umumnya menjual tempe tidak kupas kulit. Strategi yang harus diterapkan pada
usaha CV. Bina Usaha adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk,
memperluas jaringan pemasaran, menjaga citarasa dan olahan produk dan
konsistensi dalam menjaga produk yang aman konsumsi.