Abstract:
Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui penerapan Marketing Mix (Bauran Pemasaran) susu kambing
perah Peranakan etawa di Adzkiya Farm dan menetapkan strategi
pengembangan yang tepat dalam usaha susu kambing perah Peranakan etawa di
Adzkiya Farm. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah
pertama adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui
bagaimana bauran pemasaran susu kambing di Adzkiya Farm terdiri dari,
Produk, Price, Place dan Promotion dilakukan dengan menggunakan skala
likert. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah kedua menggunakan
analisis SWOT.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bauran
Pemasaran di Adzkiya Farm yaitu 4P Produk susu kambing original fresh,
pasteurisasi, susu dengan variasi rasa coklat dan stroberi dengan harga yang
dipasarkan mulai dari Rp 10.000 sampai dengan harga Rp 60.000 untuk tempat
penjualan produsen menjual ke konsumen akhir (langsung), produsen menjual
ke pedagang perantara (agen/eceran), produsen menjual produk di toko dan
sosial media. Strategi pengembangan menunjukan bahwa usaha di Adzkiya
Farm berada pada kuadran I (strategi berkembang) yang dimana strategi yang
diterapkan adalah mempertahankan pasar dan melakukan peningkatan promosi
serta meningkatkan kualitas produk. Kondisi lingkungan Internal yang dianalisis
faktor kekuatan dan kelemahan dengan sumbu X yaitu 5,9722. Kondisi
Eksternal yang dianalisis faktor peluang dan ancaman sumbu Y yaitu 2,5499.