DSpace Repository

EFEKTIVITAS APLIKASI MY TIRTANADI SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PELAYANAN BERBASIS DIGITAL DI PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ZARKASI, SALSABILA ANDRY
dc.date.accessioned 2025-05-26T02:37:25Z
dc.date.available 2025-05-26T02:37:25Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27419
dc.description.abstract Industri terus berkembang dengan banyaknya kemajuan di berbagai bidang, khususnya di bidang teknologi. Di era digitalisasi, perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan pesat dan akan terus berkembang. PDAM Tirtanadi mengerti pentingnya beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tetap unggul dan memberikan pelayanan berkualitas. My Tirtanadi adalah aplikasi yang digunakan untuk memberikan layanan pendaftaran pelanggan pasang baru air secara online, cek tagihan rekening air minum pelanggan, layanan pengaduan dan informasi gangguan pelayanan air pelanggan Tirtanadi, serta akses informasi seputar berita untuk pelanggan di berbagai cabang PDAM Tirtanadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan proses wawancara kepada informan dan narasumber atau observasi penelitian secara langsung ke objek penelitian. Berdasarkan hasil temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa efektivitas aplikasi My Tirtanadi sebagai optimalisasi pelayanan berbasis digital belum dapat dikatakan efektif. Masih terdapat beberapa bug yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Aplikasi masih tersedia hanya di platform Android, serta memiliki fitur yang mendukung kebutuhan pelanggan. Sebagian besar informasi mengenai pasang baru, simulasi tarif, dan cek tagihan rekening air telah disajikan dengan baik. Namun, pembaruan informasi secara berkala masih perlu ditingkatkan agar pengguna selalu mendapatkan data yang terbaru. Aplikasi My Tirtanadi belum memiliki fitur layanan bantuan yang jelas, sehingga pengguna merasa tidak mengetahui cara menghubungi dukungan teknis apabila mengalami kendala. Tidak adanya sistem pengaduan atau layanan bantuan membuat responsivitas dan konsistensi layanan sulit untuk dinilai. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Aplikasi en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Digital en_US
dc.title EFEKTIVITAS APLIKASI MY TIRTANADI SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PELAYANAN BERBASIS DIGITAL DI PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account