Abstract:
Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kinerja pegawai
dalam suatu organisasi. kepemimpinan yang efektif tidak hanya bertindak sebagai
pengarah yang memberikan instruksi, tetapi juga mendorong deikasi pegawai.
komunikasi organisasi juga memainkan peran yang tidak kalah penting dalam
meningkatkan kinerja pegawai. Komunikasi yang efektif dapat memperkuat koordinasi
antarpegawai, mengurangi kesalahpahaman, serta mempercepat penyelesaian tugas
tugas yang ada. Sekretariat DPRD Kabupaten Aceh Singkil bertanggung jawab atas
efisiensi administrasi dan operasional, namun menghadapi tantangan internal seperti
kepemimpinan, komunikasi, dan budaya organisasi yang berdampak pada
produktivitas pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek
penelitian ini terdiri dari 43 pegawai kantor sekretariat dewan perwakilan rakyat
kabupaten aceh singkil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan
kuesioner. teknik analisis data yang digunakan adalah uji veliditas dan reliabilitas, uji
asumsi klasik, uji analisis linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan,
komunikasi organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai sekretariat
DPRD Kabupaten Aceh Singkil. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh koefisien
determinasi adalah 0,877. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan,
komunikasi organisasi, dan budaya organisasi menjelaskan variasi dari variabel kinerja
pegawai sebesar 87,7% dan sisanya sebesar 12,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar
penelitian.