Abstract:
Perkembangan digitalisasi semakin pesat, pemanfaatan media komunikasi digital
mulai diberlakukan di setiap aspek kehidupan, termasuk juga dalam tata kelola
humas pemerintahan, dan media relations. Sebuah Instansi dapat membentuk dan
mewujudkan citra dengan memanfaatkan kecanggihan media sosial. Citra dalam
sebuah organisasi atau instansi terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah
citra yang berlaku (current image). Dalam hal ini, Prokopim Setda Kota Medan
juga berupaya dalam strategi mewujudkan citra yang berlaku (current image)
melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi Prokopim Setda Kota Medan dalam mewujudkan current image melalui
media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian metode
deskriptif kuallitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Communication Goal Theory Little John. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan strategi yang diterapkan oleh akun media sosial Prokopim Setda
Kota Medan berhasil menarik banyak respon positif dari masyarakat, disertai
dengan penurunan kritik negatif, dalam upaya membangun current image,
Prokopim Setda Kota Medan senantiasa berkomitmen untuk menyajikan
informasi dan berita yang akurat serta sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.