Abstract:
Dalam hal Keputusan Pembelian sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara
lain: Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Gaya Hidup. Hal ini juga dilakukan
oleh kosumen sepeda listrik di Kota Medan. Untuk itu dibutuhkan suatu penelitian
seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap Keputusan Pembelian
dengan Gaya Hidup pada konsumen sepeda listrik di Kota Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga
dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda listrik dengan gaya hidup
sebagai variabel intervening di Kota Medan. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh kosumen sepeda listrik di Kota Medan. Sampel penelitian ini
sebanyak 384 responden menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner lalu di uji menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis model struktural (r-square
& f-square ) dan mediation effect (direct effect, indirect effect & total effect).
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan
pembelian (sig = 0,001 < 0,05), ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian
(sig = 0,041 < 0,05), ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian (sig =
0,027 < 0,05), ada pengaruh kualitas produk terhadap gaya hidup (sig = 0,028 <
0,05), ada pengaruh harga terhadap gaya hidup (sig = 0,043 < 0,05), ada pengaruh
promosi terhadap gaya hidup (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh gaya hidup
terhadap keputusan pembelian (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian dimediasi gaya hidup (sig = 0,029 < 0,05), ada
pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dimediasi gaya hidup (sig = 0,041
< 0,05), ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dimediasi gaya
hidup (sig = 0,000 < 0,05). Kesimpulan penelitian : ada pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian, ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh
gaya hidup terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh kualitas produk terhadap
keputusan pembelian dimediasi gaya hidup, ada pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian dimediasi gaya hidup, ada pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian dimediasi gaya hidup pada konsumen sepeda listrik di Kota
Medan.