DSpace Repository

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN USAHA MILIK DESA BARTONG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI SADAR WISATA

Show simple item record

dc.contributor.author NUR, TENGKU AZIZAH
dc.date.accessioned 2025-05-17T03:40:35Z
dc.date.available 2025-05-17T03:40:35Z
dc.date.issued 2025-03-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27252
dc.description.abstract Pariwisata di Indonesia terus berkembang pesat, mendorong pengembangan desa wisata sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Desa Bartong yang memiliki potensi wisata Sungai Bahbolon menghadapi tantangan rendahnya kesadaran wisata dan partisipasi masyarakat pengelolaan wisata. BUMDes memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi dan pasrtisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata. Penelitian ini memfokuskan bagaimana strategi komunikasi BUMDes bartong dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat melalui sadar wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Kulvisaechana yang terdiri dari frekuensi, tingkat formalitas, isi pesan, dan saluran. Lokasi penelitian di Desa Bartong, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan mulai bulan November 2024 sampai Maret 2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh BUMDes Bartong dalam meningkatkan kesadaran wisata masyarakat sudah dilaksanakan baik secara formal dan informal sehingga sebagian masyarakat telah menerima dan berjalan cukup baik, namun masih ada ruang untuk perbaikan, terutama dalam meningkatkan frekuensi dan keberhasilan komunikasi dengan masyarakat. Dengan yang lebih konsisten dan metode yang lebih beragam, partisipasi masyarakat dalam mendukung pengelolaan wisata yang berkelanjutan dapat terus meningkat. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Partisipasi en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI BADAN USAHA MILIK DESA BARTONG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI SADAR WISATA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account