DSpace Repository

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JEFFRY SENTANA DAN M HAIKAL DALAM PEMENANGAN PILKADA 2024 DI KOTA LANGS

Show simple item record

dc.contributor.author AULIA, AHMAD \
dc.date.accessioned 2025-05-17T02:56:01Z
dc.date.available 2025-05-17T02:56:01Z
dc.date.issued 2025-03-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27245
dc.description.abstract Indonesia adalah salah satu ciri negara demokrasi dengan adanya sistem pemerintahan yang didasarkan pada kedaulatan rakyat, setiap individu memiliki hak untuk menentukan pemerintahan dan kebijakan melalui mekanisme Pemilu. Pilkada adalah merupakan suatu proses untuk memilih orang agar menduduki jabatan-jabatan tertentu dengan tingkatan yang berbeda. Setiap pasangan calon pemimpin daerah mengharuskan memiliki kemampuan komunikasi agar dapat meyakinkan calon pemilih agar memberikan hak suara mereka. Strategi komunikasi politik merupakan momen penting untuk memasarkan setiap pasangan calon pemimpin daerah kepada masyarakat dalam Pilkada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal dalam upaya memenangkan kontestasi Pilkada 2024 di Kota Langsa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Laswell yang merumuskan dalam komunikasi terdapat sebuah proses di mana setiap tahapannya memiliki makna yang bergantung pada pemahaman dan persepsi penerima pesan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penetapan informan menggunakan purposive sampling. Penulis melakukan wawancara kepada 4 orang narasumber dari tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal. Berdasarkan hasil penelitian dengan seluruh informan, menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang dilakukan mendapat respons positif dari masyarakat serta mendapat dukungan dari masyarakat Kota Langsa, khususnya pada kaum generasi Z dan Milenial. Strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal terbukti efektif dengan kemenangan yang dihasilkan pada Pilkada 2024 di Kota Langsa yang menjadikan mereka sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Pilkada en_US
dc.subject Pasangan Calon en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JEFFRY SENTANA DAN M HAIKAL DALAM PEMENANGAN PILKADA 2024 DI KOTA LANGS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account