DSpace Repository

Strategi Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author Amalia, Irma
dc.date.accessioned 2025-05-16T09:50:52Z
dc.date.available 2025-05-16T09:50:52Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27235
dc.description.abstract Kunci utama untuk mengetahui apakah siswa memiliki rasa nasionalisme terhadap bangsa dan mampu bekerja sama dalam memecahkan satu masalah secara berkelompok. Penggunaan model pembelajaran yang efisien sangat penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik model Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan untuk meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia. khususnya pada materi nasionalisme yang diajarkan di kelas lima dan enam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Melalui observasi,tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai-nilai nasionalisme,motivasi siswa, keaktifan dalam proses pembelajaran, dan kemampuan mereka bekerja sama dalam kelompok. Penggunaan Problem Based Learning (PBL) mendorong siswa untuk lebih terlibat dan bekerja sama dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai nasionalisme. Studi ini menemukan bahwa ketika model Problem Based Learning (PBL) digunakan dalam prosedur pembelajaran di kelas, siswa lebih terlibat, bekerja sama, dan bersenang-senang saat belajar. Strategi ini berhasil meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia.Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan pada materi pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi Meningkatkan Nasionalisme en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.title Strategi Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sanggar Bimbingan Kampung Baru Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account