Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi terapeutik yang
dilakukan dokter dan para medis pada fase orientasi, fase kerja (working) dan fase
penyelesaian (termination) terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Rawat Inap
Desa Pematang Johar. Penelitian ini menggambarkan bentuk komunikasi terapeutik yang
dilakukan para dokter dan perawat terhadap pasien.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui : observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dokter dan para medis atau perawat yang
berperan sebagai komunikator pada proses terapeutik dan pasien rawat inap sebagai
komunikan atau penerima layanan komunikasi terapeutik pada Puskesmas Rawat Inap Desa
Pematang Johar.
Hasil penelitian ini diketahui bentuk-bentuk komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh
dokter dan para medis atau perawat terhadap pasien pada fase orientasi, fase kerja (working)
dan fase penyelesaian (termination) adalah melalui komunikasi interpersonal dengan
penyampaian pesan melalui bentuk komunikasi verbal, komunikasi tertulis, dan komunikasi
nonverbal. Bentuk komunikasi verbal dilakukan melalui dimensi jelas dan ringkas,
perbendaharaan kata, jeda, dan pemberian humor. Bentuk komunikasi tertulis dilakukan
melalui surat, memo, resep obat dengan memperhatikan kejelasan dan ketepatan pasien. Serta
bentuk komunikasi nonverbal dilakukam melalui penampilan diri, nada suara, ekspresi wajah
dan sentuhan.