Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran berdiferensiasi merupakan
pendekatan yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan, minat,
dan gaya belajar siswa guna meningkatkan pemahaman serta hasil belajar mereka.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis instrument
dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Samples
Correlation dan Paired Samples T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum penggunaan
strategi pembelajaran berdiferensi diperoleh nilai rata-rata 59,68. Dan diperoleh
hasil belajar siswa setelah penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi
dengan nilai rata-rata 87,76. Dan diperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000
> 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi
pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Permata Hati Bangsa Tebing
Tinggi.