Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode gamifikasi pada
mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya metode gamifikasi yang dilakukan oleh
guru pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field
research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian
ini menggunakan beberapa langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data
display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification
(kesimpulan/verifikasi). Tekhnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis disimpulkan bahwa penerapan
metode gamifikasi berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam. Adapun kendala yang sering terjadi saat
penerapan metode gamifikasi yaitu jaringan internet sehingga waktu guru
pendidikan agama islam menjadi terbatas.
Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar SMP Muhammadiyah 7 Medan terus
mengembangkan dan menerapkan metode gamifikasi, serta melibatkan orang tua
dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama
islam di sekolah- sekolah lain