Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan
linguistik dengan prestasi belajar bahasa arab siswa. Kecerdasan linguistik
merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki manusia yang berkaitan dengan
kemampuan berbahasa seseorang dan dalam pendidikan kecerdasan tersebut
mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Teknik analisis instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
korelasi pearson product moment. Berdasarkan uji korelasi pearson antara variabel
kecerdasan linguistik (X) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab (Y) diperoleh nilai
Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05
(0,001<0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tersebut,
lalu dari nilai p value diperoleh nilai sebesar -0,592, hal tersebut menunjukkan
adanya hubungan negatif yang berarti terdapat hubungan berbanding terbalik antar
variabel dengan tingkat hubungan sedang. Selanjutnya, nilai Sig.(2-tailed) yaitu
0,001 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 menghasilkan H0 ditolak
dan Ha diterima.