Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media
pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Kemuhammadiyahan di MTsS ‘Aisyiyah Sumatera Utara serta untuk
mengetahui perbedaan tingkat keefektifan antara penggunaan metode pembelajaran
konvensional dan metode pembelajaran berbasis digital terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di MTsS ‘Aisyiyah
Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain
eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 53 orang yang terdiri dari kelas
VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik
pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, studi dokumentasi,
wawancara dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini terbagi menjadi dua
yaitu analisis data pra penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas) dan analisis data
pasca penelitian (uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji hipotesis).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di MTsS ‘Aisyiyah
Sumatera Utara. Selain itu, diketahui pula bahwa penggunaan metode belajar
konvensional tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar Kemuhammadiyahaan
sedangkan metode belajar dengan bantuan media power point cukup efektif dalam
meningkatkan hasil belajar Kemuhammadiyahaan