Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi
kerja, lingkungan kerja, religiusitas dan profesionalisme terhadap kinerja pelayanan di
PT. Bank Sumut unit usaha syariah Medan. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 30
responden, yaitu karyawan PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah Medan. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji
hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja, lingkungan kerja, religiusitas dan
profesionalisme kerja secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pelayanan karyawan PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah Medan pada
Tahun 2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 15,219 lebih besar dari Ftabel
sebesar 2,743 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil
uji koefisien determinasi (Adjust R Square) diketahui bahwa variabel motivasi kerja,
lingkungan kerja, religiusitas dan profesionalisme dapat menjelaskan tingkat kinerja
pelayanan karyawan sebesar 70,9%. Sementara sisanya (29,1%) dapat dijelaskan oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.