Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Role Palying
terhadap keterampulan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MAS
PAB 1 Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan
pendekatan Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini
siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 51 siswa. Penentuan sampel
adalah keseluruan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas
eksperimen dengan menggunakan metode Role Playing pembelajaran bahasa Arab
yaitu kelas XII-1 yang berjumlah 28 siswa, dan satu kelas sebagai kelas kontrol
dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas XII-2 yang berjumlah 23
siswa. Instrument tes berupa tes keterampilan berbicara bahasa Arab. Data
dianalisis menggunakan uji statistic, yaitu uji-t, untuk mengui perbedaan hasil
keterampilan berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 4,235 > dari nilai ttabel
sebesar 2,009 pada taraf signifikasi 0,05. Selain itu, nilai signifikasi (0,003) < dari
(0,05), sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima. Hasil ini
mengindikasikan bahwa metode role playing memiliki pengaruh signifikan
terhadap keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran
konvensional.