Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen pendidikan full day
school dalam membentuk karakter siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi
Medan Estate. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan manajemen pendidikan full day school
dalam pembentukan karakter siswa, meliputi: 1) proses pelaksanaan kegiatan
peserta didik, 2) metode pelaksanaan manajemen full day school bagi peserta
didik, dan 3) Program manajemen full day school dalam pembentukan karakter
peserta didik. Pelaksanaan manajemen full day school dalam pembentukan
karakter siswa telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari alokasi waktu
yang sangat banyak sehingga dapat membentuk karakter siswa yang religius,
disiplin, mandiri, kreatif, bersahabat dan bertanggung jawab. selanjutnya ada
program ekstrakurikuler, disini peserta didik dapat mengembangkan minat dan
bakatnya, dan ada juga program penanaman nilai-nilai keagamaan, seperti peserta
didik sudah disiplin dalam melaksanakan ibadah. Kedua, upaya dalam penerapan
sistem manajemen full day school dalam membentuk karakter siswa di Sekolah
Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi melalui penerapan nilai-nilai yang berlandaskan
ajaran Al-Quran dan Sunnah yang dilatih dengan pembiasaan yang disiplin dan
bertanggung jawab sehingga menjadi rutinitas yang diharapkan dapat memberikan
pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Ketiga, keunggulan manajemen
full day school di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Medan Estate meliputi
kualitas guru yang baik, lokasi sekolah yang sangat asri, sarana dan prasarana,
pelayanan yang baik dalam menghadapi siswa dan orang tua, serta orang tua
merasa aman dan nyaman karena anak terkontrol dengan baik. Sedangkan
kelemahan meliputi sebagian anak merasa bosan karena satu harian berada di
sekolah, siswa merasa tidak bebas untuk beradaptasi diluar sekolah dan kurangnya
evaluasi laporan bulanan yang di laporkan guru setiap bulan.