DSpace Repository

Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Remaja di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Elda
dc.date.accessioned 2020-02-29T07:27:34Z
dc.date.available 2020-02-29T07:27:34Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/267
dc.description.abstract Masa remaja adalah masa dimana seseorang tumbuh dan berkembang untuk mencapai kedewasaan, dimana dalam prosesnya remaja melakukan penyesuaian sosial. Di zaman modern, interaksi sosial sebagai bentuk penyesuaian sosial yang dilakukan remaja tidak terbatas dalam dunia nyata saja, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Salah satu program yang paling diminati oleh kalangan mahasiswa saat ini adalah media game online. Seseorang yang terikat pada kebiasaan yang sangat kuat dan tidak bisa lepas untuk bermain game online dapat dikatakan bahwa orang tersebut telah Kecanduan Game Online, yang ditandai dengan adanya dorongan untuk melakukan secara terus menerus mempunyai masalah dengan pengaruh interpersonal dan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, dengan tujuan (1) untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial pada remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, (2) untuk mengetahui tingkat kecanduan game online pada remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, (3) unt uk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial pada remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 186 responden yang dipilih menggunakan random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan skala likert. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan simple linier regression. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Teori Sosiopsikologi dari Little Jhon. Hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa (1) tingkat kecanduan game online pada remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan berada dalam kategori sedang dengan persentase 69,4%. (2) sedangkan tingkat keterampilan sosial remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan mayoritas berada pada kategori sedang dengan persentase 85,5% atau 159 subyek (3) diketahui diketahui pula (koefisien korelasi 0,215 dengan p=0,000 dan nilai Sig.2-tailed 0,05) yang artinya adanya hubungan yang signifikan antara kecanduan game online terhadap keterampilan sosial remaja di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. en_US
dc.subject Kecanduan Game Online en_US
dc.subject Keterampilan Sosial Remaja en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.title Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Remaja di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account