DSpace Repository

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Leg Puzzle Dari Kayu Di RA Istiqomah Sampali Kabupaten Deli Serdang

Show simple item record

dc.contributor.author Yanti, Utari Indari
dc.date.accessioned 2020-03-17T04:39:25Z
dc.date.available 2020-03-17T04:39:25Z
dc.date.issued 2016-01-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2668
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh membangun kemampuan berhitung anak RA Istiqomah Sampali dalam memahami konsep bilangan dengan menggunakan media permainan leg puzle dari kayu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik di RA Istiqomah Sampali melalui permainan leg puzzle dari kayu . Subjek penelitian ini adalah anak didik RA Istiqomah Sampali, tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 23 anak didik. Pembelajaran berhitung di RA Istiqomah Sampali masih menggunakan metode drill dan praktek-praktek pencil paper test, ini mambuat anak merasa cepat bosan dan capek. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan lebih baik maka diperlukan suatu media yang menyenangkan yaitu dengan media permainan leg puzzle dari kayu. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang setiap masingmasing siklus mempunyai tahapan: perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yaitu tes dan nontes, secara nontes melalui observasi, dan tes melalui unjuk kerja. Tehnik analisis data secara kualifikatif dan kuantitatif. Upaya meningkatkan kemampuan anak didik dalam berhitung permulaan melalui permainan leg puzzle pada anak RA Istiqomah Sampali,telah memberikan hasil pada pra siklus yaitu : kemampuan menghitung angka 1-20 sesuai arahan guru hanya 44%, kemampuan menghitung angka 1-20 dengan leg puzzle tanpa arahan guru yaitu 36%, dan kemampuan menghitung angka yang dicapai setelah menggunakan leg puzzle kayu yaitu 17%, Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak menghitung angka masih sangat rendah. Pada siklus I Upaya meningkatkan kemampuan anak didik dalam berhitung dengan menggunakan leg puzzle dari kayu menunjukkan hasil seperti mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru yaitu 59%, kemampuan menghitung angka 1-20 sesuai arahan guru yaitu 70%, kemampuan mengurutkan angka 1-20 tanpa arahan guru yaitu 70% dan kemampuan berhitung yang dicapai setelah menggunkan leg puzzle kayu yaitu 65%. Hasil penilaian perkembangan kemampuan berhitung anak pada siklus II menunjukkan perkembangan yang luar biasa yaitu sebesar 96%,hal ini menunjukkan kemampuan anak dalam berhitung dengan menggunakan leg puzzle dari kayu berkembang sangat baik. Hasil penelitian perkembangan kemampuan berhitung anak yang BSH dan BSB pada siklus II menunjukkan mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru yaitu 96%, kemampuan menghitung angka 1-20 sesuai arahan guru yaitu 96%, kemampuan mengurutkan angka 1-20 dengan leg puzzle tanpa arahan guru yaitu 96% dan kemampuan berhitung yang dicapai setelah menggunkan leg puzzle kayu yaitu 96% en_US
dc.subject Kemampuan berhitung en_US
dc.subject Leg puzzle dari kayu en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Leg Puzzle Dari Kayu Di RA Istiqomah Sampali Kabupaten Deli Serdang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account