DSpace Repository

PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DESA BINAAN MELALUI PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA

Show simple item record

dc.contributor.author SAIFUDDIN
dc.date.accessioned 2024-12-23T03:27:17Z
dc.date.available 2024-12-23T03:27:17Z
dc.date.issued 2024-08-30
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26656
dc.description.abstract Peran public relations dalam penelitian ini menggunakan teori Cutlip, Center dan Broom dimana public relations berperan sebagai fasilitator komunikasi, peran sebagai pelatih dan konsultan/fasilitator pemecah masalah, peran manajerial atau pakar perumus, dan peran teknik komunikasi. PT Pupuk Iskandar Muda melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat desa binaan seperti Rumah Sehat Sejahtera, beasiswa pendidikan, kesehatan gratis, bantuan modal usaha UMKM, pelatihan keterampilan kerja untuk pemuda desa, perbaikan sarana dan prasarana tempat umum dan ibadah dan lain lain, namun masih terkesan masyarakat kurang mendukung atas keberadaan PIM, karena beranggapan bahwa penyaluran bantuan belum maksimal, belum merata dan tidak transparan. Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Lingkungan (SKL) tahun 2023 menunjukkan bahwa Key Performance Indicator (KPI) kepuasan lingkungan adalah 91.20% dengan tingkat kepuasan “Sangat Puas”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan hambatan public relations dalam membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat desa binaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan mendokumentasikan kegiatan dengan melibatkan informan dari internal perusahaan, masyarakat desa binaan, kepala desa, tokoh masyarakat, Muspika Kecamatan Dewantara dan media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations PT PIM adalah mengkomunikasikan program perusahaan untuk pengembangan dan kesejahteraan masyarakat desa binaan, bertanggung jawab menyampaikan setiap informasi program bantuan TJSL, mengelola opini publik dan menjalin komunikasi dengan media dan stakeholder, mengelola dan mempromosikan program bantuan TJSL dengan kontribusi positif, dan melaksanakan Survey Kepuasan Lingkungan untuk menilai respon masyarakat terhadap kinerjanya. Hasil penelitian juga menjelaskan hambatan public relations yaitu keterbatasan finansial dan SDM PIM, harapan masyarakat terlalu tinggi terhadap bantuan TJSL, mengharapkan bantuan hibah (charity), tingkat pendidikan masyarakat relatif rendah, dan masih adanya kurang kepercayaan masyarakat kepada PIM. en_US
dc.subject Peran Public Relations en_US
dc.subject Citra Positif en_US
dc.subject Kepercayaan Masyarakat en_US
dc.subject Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan en_US
dc.subject PT Pupuk Iskandar Muda en_US
dc.title PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DESA BINAAN MELALUI PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account