Abstract:
Penelitian ini bertujuan menganalisis Iklim Komunikasi Organisasi
Pengawas Manajerial, Kepala Sekolah dan Guru Dalam Membangun Keterbukaan
dan Perilaku Positif di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang
Muhammadiyah Perdagangan. Menganalisis hambatan iklim komunikasi
organisasi di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang
Muhammadiyah Perdagangan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori yang
relevan dan berkaitan dengan Iklim Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Sikap
Positif, Keterbukaan dan Hambatan Iklim Komunikasi Organisasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah Pengawas Manajerial, Kepala Sekolah dan Guru pada
Majelis Pendidikan Dasar dan Cabang Muhammadiyah Perdagangan. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini terdapat 10 informan. Teknik analisis data dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Iklim
Komunikasi Organisasi Pengawas Manajerial, Kepala Sekolah dan Guru Dalam
Membangun Keterbukaan dan Perilaku Positif di Majelis Pendidikan Dasar dan
Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Perdagangan dimana dilakukan
dengan komunikasi ke atas dengan pimpinan, komunikasi ke bawah oleh
pengawas dan kepala sekolah dan komunikasi horizontal guru dengan baik. Proses
komunikasi baik secara formal dan informal terjadi di Majelis Pendidikan Dasar
dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Perdagangan pada umumnya
dapat dikatakan telah berjalan dengan efektif. Iklim komunikasi yang dilakukan
sesuai dengan lingkungan kerja, kemudian komunikasi dapat diukur sesuai atau
tidak berdasarkan attitude pelaksaaan komunikasi, komunikasi tidak begitu
dipengaruhi atribut organisasi Muhammadiyah demi terciptanya sikap positif
seperti disiplin, kerja sama dan menjadi guru inovatif. Capaian keterbukaan guru
adalah menjadikan guru inovatif, informatif dan komunikatif di Majelis
Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah
Perdagangan. Hambatan komunikasi berorganisasi dalam masalah psikologis
individu kurang nyaman dalam komunikasi.