DSpace Repository

Penerapan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Meningkatkan Kecerdasan Penggunaan Gadget di Kalangan Remaja Pada Siswa SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Tentua, Alam Jamaaluka
dc.date.accessioned 2024-11-23T08:59:06Z
dc.date.available 2024-11-23T08:59:06Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26526
dc.description.abstract Penelitian ini mengevaluasi penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk meningkatkan kecerdasan penggunaan gadget pada siswa kelas VII SMP Swasta Dharma Patra Rantau. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya penggunaan gadget, khususnya game online, yang berdampak negatif pada prestasi akademik dan produktifitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif dengan Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan tiga siswa yang mengalami kecanduan gadget dengan fokus game online. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBT secara signifikan mengurangi durasi bermain game online, meningkatkan kesadaran siswa terhadap dampak negatif kecanduan gadget, serta membantu mereka mengatur waktu antara bermain dan belajar. CBT juga mendorong peningkatan kontrol diri dan pemanfaatan gadget untuk keperluan pendidikan. Kesimpulannya, CBT efektif dalam meningkatkan kecerdasan penggunaan gadget pada siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Cognitive Behavioral Therapy en_US
dc.subject Kecerdasan Penggunaan Gadget en_US
dc.title Penerapan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Meningkatkan Kecerdasan Penggunaan Gadget di Kalangan Remaja Pada Siswa SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account