Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui karakteristik konsumen, (2) mengetahui tingkat kepuasan konsumen,
(3) mengetahui tingkat loyatias konsumen dari UMKKM Banana Ping . Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Juli-Sepetember 2024. Jenis penelitian adalah
deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan
sekunder yang di peroleh dari literatur, baik laporan hasil penelitian atau jurnal,
buku dan artikel. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk
menjelaskan karakteristik konsumen, analisis Customer Satisfaction Index (CSI)
untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen, analisis Importance Performance
Analysis (IPA) untuk mengetahui kepuasan dari tingkat kinerja dan tingkat
kepentingan konsumen, dan Piramida loyalitas untuk menganalisis tingkat loyalitas
konsumen UMKM Banana Ping di Kota Pematangsiantar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa karakteristik responden Banana Ping didapatkan bahwa
konsumen yang paling banyak berkunjung yaitu responden yang berdomisili di
Pematangsiantar, berjenis kelamin perempuan, dengan rata-rata usia 19-24 tahun.
Mayoritas responden memiliki pendidikan terakhir SMA, jenis pekerjaan adalah
wiraswasta, dan pendapatan rata-rata per bulan yaitu Rp 1.500.000 - Rp 3.000.000.
Hasil analisis kepuasan konsumen menggunakan Customer Satisfaction Index
(CSI) menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 89% dengan kriteria sangat puas.
Berdasarkan hasil analisis Importance Perfomnace Analysis (IPA) atribut yang
harus dipertahankan yaitu atribut pada kuadran II dan atribut yang harus di
tingkatkan pada kuadran I. Hasil analisis loyalitas konsumen yang diukur dengan
piramida loyalitas, konsumen Banana Ping sudah menunjukkan Tingkat kesetiaan
nya terhadap Banana Ping karena memperoleh 98% di Tingkat Commited Buyer,
dan menunjukkan bentuk piramida loyalitas yang ideal dikarenakan berbentuk
segitiga terbalik.