Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ajar transformasi geometri
berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan hasil belajar siswa
SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses
pengembangan modul ajar diorientasikan berdasarkan model 4D yang meliputi
pendefenisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), dan
penyebaran (Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap
pengembangan (Develop) karna modul tidak melakukan penyebaran (Disseminate).
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 01
Medan sebanyak 29 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini merupakan bahan
ajar berupa modul ajar transformasi geometri berbasis Realistic Mathematics
Education untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi dan angket respon peserta
didik dengan teknis analisis data validasi, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan
hasil validasi ahli dan lembar angket respon siswa diketahui bahwa modul ajar
transformasi geometri berbasis RME memenuhi kriteria sangat valid dengan
persentase 85,57% dan sangat praktis dengan persentase 84.74%. Berdasarakan
aspek keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA melalui pretest dan
postest diperoleh nilai gain 0,78 dengan persentase peningkatan 78% hal ini
memenuhi kriteria keaktifan.