DSpace Repository

PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA KELAS XI SMA BUDISATRYA T.A 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author RITONGA, ROSALINA HUTBAH
dc.date.accessioned 2024-11-19T05:01:37Z
dc.date.available 2024-11-19T05:01:37Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26405
dc.description.abstract Pemikiran Ki Hajar Dewantara berpusat pada proses pembentukan siswa untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka. Oleh karena itu, tidak hanya penting untuk memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga untuk menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sejalan dengan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang bagaimana membentuk karakter siswa yang mengutamakan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literature atau Library Research. studi kepustakaan adalah sebuah metode penelitian yang mengkaji berbagai teori, hipotesis dan berbagai sumber referensi berbeda yang berhubungan dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan pembelajaran kontekstual yang diteliti. Dimana metode yang mengkaji berbagai teori, berbagai sumber referensi berbeda, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan pokok kajian dan menjelaskan penguatan Nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum medeka di SMA Budisatrya kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di Budisatrya kota Medan ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdea yang sudah diterapkan di SMA Budisatrya kota Medan. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Budisatrya kota Medan telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Nilai-nilai Pancasila en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject SMA Budisatrya en_US
dc.title PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA KELAS XI SMA BUDISATRYA T.A 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account