dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru PPKn dalam membentuk
kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek
dalam penelitian adalah seluruh guru PKn dan siswa pelaku pelanggaran
kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk
kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara meningkatkan
kedisiplinan agar siswa tidak melakukan pelanggaran, aturan, dan memberikan
pemahaman tentang kedisiplinan. Adapun bentuk keteladanan guru PPKn dalam
membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara
memberikan contoh yang baik seperti guru harus disiplin, guru harus bertanggung
jawab dan guru harus bersikap wibawa. |
en_US |