dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peran Guru Pkn Dalam Upaya Penguatan
Karakter Toleransi Pada Siwa Kelas XI SMA Asuhan Daya, karakter toleransi
menjadi salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa ditengah
keberagaman budaya, agama, dan suku yang ada dindonesia. Guru PKn memiliki
tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui
pembelajaran dikelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, pengumpulan
data dengan mengunakan observasi, wawancara, serta metode dokumentasi. Hasil
dari penelitian ini dalam penguatan karakter toleransi guru lah yang kemudian
menjembatani dalam penanaman nilai toleransi terhadap siswa, disebutkan
bahwasanya ada lima langkah dalam menerapkan pendidikan sikap toleransi di
dalam kelas yaitu yang pertama, menganalisis kompetensi dasar dengan
mengidentifikasi nilai karakter yang ada di dalam materi pelajaran. Kemudian
yang kedua, merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan
pada isi tentang toleransi, yang ketiga mengikuti pembelajaran sesuai dengan
yang sudah direncanakan, yang keempat melaksanakan proses penilaian dan, yang
terakhir melakukan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman peserta didik mengenai apa yang guru ajarkan. |
en_US |