Abstract:
Komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan
antara dua individu atau di antara sekelompok individu, dengan beberapa efek dan
beberapa umpan balik seketika. komunikasi interpersonal adalah sebuah proses
dan usaha individu atau kelompok dalam memberi pengaruh dengan
menyampaikan informasi atau pesan yang dimaksud kepada individu lain baik
secara verbal maupun nonverbal sehingga mendapat umpan balik dan terjadi
interaksi antara kedua pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Daya Cipta.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan
wawancara yang sesuai dengan Pelatihan Assertive Melalui Bimbingan Kelompok
untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa. Adapun
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian
dapat diketahui bahwa pelatihan assertive melalui bimbingan kelompok dapat
meningkatkan kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa yang awalnya rendah
dan cenderung menutup diri dengan lingkungan social sekarang jauh lebih terbuka
dan mampu bekomunikasi dengan baik.