Abstract:
Pada saat ini kemacetan sering kali timbul di kota-kota besar di negara kita karena
semakin banyaknya jumlah kendaraan yang lewat sehingga mempengaruhi dari
kapasitas jalan yang direncanakan sebelumnya. Adapun penelitian ini dilakukan
Untuk mengetahui perencanaan geometrik dan perencanaan median pada Jalan
Raya Marendal. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kinerja
ruas jalan tersebut. Pada jalan eksisting Jalan Raya Marendal lebar efektif jalur lalu
lintas 9,5 m terdiri dari 4 lajur 2 arah dan median jalan sebesar 6 m. Kemudian
setelah perubahan dimensi badan jalan lebar efektif jalur lalu lintas menjadi 11 m
terdiri dari 6 lajur 2 arah dan median jalan sebesar 3 m. Dari hasil Penelitian pada
Jalan Raya Marendal tersebut mengalami kenaikan dari segi kapasitas jalan yang
semula 3400 smp/jam menjadi 4692 smp/jam, tingkat pelayanan jalan yang semula
termasuk dalam kategori pelayanan E menjadi kategori pelayanan C, kinerja ruas
jalan yang semula tidak stabil menjadi stabil dan median jalan yang semula
termasuk lebar menjadi tidak lebar.