dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi
persamaan garis lurus dikelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan. Metode
penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan
desain nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan dalam penleitian
ini yaitu instrumen tes. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Dolok Merawan yang berjumlah 62 siswa terdiri dari 31 siswa dari kelas VIII-1
dan 31 siswa dari kelas VIII-2. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata- rata
posttest pemahaman konsep siswa kelas kontrol sebesar 63,90 dan nilai rata- rata
posttest pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 82,06. Berdasarkan hasil uji
hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji independent t-test
memperlihatkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima
dan Ho ditolak. Artinya nilai posttest pemahaman konsep siswa pada kelas
eksperimen lebih besar daripada nilai posttest pemahaman konsep siswa pada kelas
kontrol. Artinya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based
learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran
matematika materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan |
en_US |